7 Cara Mengatasi Malas Menunaikan Shalat

Urusan yang paling utama adalah Islam, dan tiangnya adalah shalat, serta puncaknya adalah jihad di jalan Allah. Shalat adalah pembeda antara agama Islam dengan agama lainnya, sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk melaksanakan shalat. Allah telah menjelaskan bagaimana pedih siksa orang yang meninggalkan shalat pada hari kiamat, namun masih banyak orang yang bermalas-malasan untuk mengerjakan kewajiban tersebut.

Bila Anda termasuk ke dalam kategori ini, ubahlah diri Anda untuk selalu melakukan kewajiban yang diperintahkan ini. Jika terasa sulit dalam melakukan perubahan, cobalah 7 tips berikut:

1. Ingatlah tujuan kita yang pertama sekali diciptakan di muka bumi ini. Kita diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah dan salah satu kewajiban dalam beribadah adalah shalat. Maka kita harus melaksanakan shalat sebagai kewajiban kita sebagai hamba Allah.

2. Renungkanlah dalam hati kita bahwa shalat adalah ibadah yang paling utama dan ibadah yang paling pertama dihisab (ditimbang) pada hari kiamat. Maka kita harus mengerjakan shalat dengan sebaik-baiknya agar kita termasuk orang-orang yang beruntung.

3. Segala perbuatan diawali dengan niat, jadi niatkan dalam hati Anda untuk melaksanakan shalat tepat pada waktunya dan sungguh-sungguh dalam melawan rasa malas. Jangan biarkan rasa malas itu menguasai kita.

4. Biasakanlah untuk shalat berjamaah di mesjid bagi pria, karena seorang pria di wajibkan untuk melaksanakan shalat di mesjid. Selain itu padahal yang didapatkan dengan shalat berjamaah 27 kali lebih besar dari shalat di rumah (sendirian).

5. Penuhilah panggilan adzan ketika sudah berkumandang, bersegeralah mengambil air wudhu. Bila sedang melakukan perkerjaan yang penting, sempatkan waktu sejenak untuk melaksanakan shalat, jangan menundanya karena akan menimbulkan rasa malas.

6. Lawanlah rasa malas itu, ingat bahwa shalat itu adalah kewajiban kita seorang muslim. Ingatlah balasan yang akan Allah berikan kepada orang yang meninggalkan shalat lima waktu.

7. Teguh pendirianlah bahwa shalat itu kewajiban dan kewajiban harus dilaksanakan. Lakukan secara terus menerus sehingga kewajiban ini terasa ringan bila dikerjakan dan membuat kita khawatir apabila ditinggalkan.

Itulah sedikit tips untuk melawan rasa malas ketika ingin melaksanakan shalat. Berikan komentar Anda tentang artikel ini dan jika bermanfaat silahkan dibagikan.

Lebih Banyak Tentang Info Islam