Perdebatan Nabi Adam dan Nabi Musa

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW. bercerita bahwa Adam dan Musa pernah berdebat di sisi Allah SWT. Namun, akhirnya Adam dapat mengalahkan Musa.

Musa berkata, “Wahai Adam, engkaulah yang telah diciptakan Allah dengan kekuasaan-Nya. Kemudian, Allah mengembuskan roh-Nya ke dalam dirimu. Setelah itu, Allah memerintahkan semua malaikat-Nya untuk ber­sujud kepadamu dan Dia menempatkanmu di dalam surga-Nya. Namun, kemudian engkau membuat manusia turun ke bumi karena kesalahanmu.”

Adam menjawab, “Engkaulah Musa yang telah dipilih Allah dengan risalah dan firman-Nya. Allah juga telah memberimu beberapa lembaran yang berisi penjelasan tentang segala sesuatu dan mendekatkanmu untuk menerima firman-Nya. Berapa tahunkah Allah telah menulis Kitab Taurat sebelum aku diciptakan?”

Musa menjawab, “Empat puluh tahun.”

Adam bertanya lagi, “Apakah kamu dapatkan di dalam Kitab Taurat ayat yang berbunyi, “… dan telah durhakalah Adam kepada Tuhannya, dan sesatlah dia.” (QS Thaha [20]: 121).

Musa menjawab, “Ya.”

Adam bertanya lagi, “Mengapa kamu mencelaku karena satu perbuatan yang telah ditetapkan Allah ‘Azza wa Jalla empat puluh tahun sebelum Dia menciptakanku?”

Rasulullah SAW. berkata, “Akhirnya, Adam dapat memberikan jawaban kepada Musa.”