Keutamaan Bismillah

Bismillahirrahmanirrahim, adalah kalimat bagi seorang yang merealisasikan sesuatu dengannya, dan yang dengannya pula dia akan memperoleh karunia yang besar. Barangsiapa menyebutnya, dia bakal mencapai titik tujuan, dan barangsiapa melazimkannya maka ia akan memperoleh kenyataan yang menggembirakan.

Basmallah adalah kalimat yang dijadikan tawassul oleh Nabi Nuh AS. di zaman dahulu, dan yang keberkahannya kembali ke pada burung Hudhud, hingga karenanya ia memakai mahkota dari Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Nabi Muhammad SAW., bersabda :

“Bismillahirrahmanirrahim adalah pembuka setiap Kitab”.

al-Hafizh Abu Na’im berkata, bahwa Abu Bakar bin Muham­mad al-Maghribi at-Tunisi telah bercerita kepadanya. Katanya : Para ulama di setiap umat telah bersepakat, bahwa Allah SWT. memulai Kitab yang diturunkan dengan memakai Bismillahirrahmanirrahim. Ketika Allah memberi wahyu kepada Nabi Adam AS. dengan Bismillahirrahmanirrahim, dia pun ber­tanya, “Ya Jibril, sebutan apakah yang telah dipakai Allah untuk memulai wahyu itu?” Malaikat Jibril menjawab, “Ini merupakan sebutan yang bisa menegakkan langit dan bumi, mengalirkan air yang terpendam di dalam kaki-kaki gunung, menetapkan hampar­an bumi dan meneguhkan hati para makhluk”.

Download Dakwah KamiKamu di Google Playstore