Faidah dan Keistimewaan Membaca Bismillah

Imam al-Qadhi ‘lyadh menjelaskan di dalam kitab Matnu Syifa’ fi Syarafi ‘l-Mushthafa, bahwa Rasulullah SAW. memanggil seorang penulis seraya bersabda, “Wahai penulis, ambillah tinta, miringkanlah pena, tegakkanlah huruf ba’, pisahkanlah dengan huruf sin, mulailah huruf mim, jelaskanlah lafazh Jalalah (Allah), dan tulislah yang bagus lafazh ar-Rahmani ar-Rahim karena orang Bani Israil menulis dan memperindahnya, lalu diampuni dosanya”.

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Lalu barangsiapa ingin diselamatkan Allah dari Zabaniyyah, maka hendaklah ia membaca Basmalah, agar Allah menjadikan setiap hurufnya sebagai perisai dari neraka”»

Diriwayatkan, bahwa sesungguhnya apabila penghuni surga masuk ke dalam surga, maka mereka berkata :

“Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini, sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang- orang yang beramal”. (as-Zumar, 39:74)

Dan apabila penghuni neraka masuk ke dalam neraka, maka mereka berkata:

“Tidaklah Tuhan kami menganiaya kepada kami, tetapi kamilah yang menganiaya diri kami sendiri”.

Keistimewaan Basmallah

Sesungguhnya Basmalah itu mempunyai empat buah kalimat, sedang dosa pun ada empat macam yaitu, dosa di waktu malam, dosa di waktu siang, dosa dengan bersembunyi, dan dosa dengan berterus terang. Lalu, barangsiapa mengucapkannya dengan ikhlas, maka Allah mengampuni seluruh dosanya. Wa ‘l-lahu A’lam

Download Dakwah KamiKamu di Google Playstore