Biografi Ibnul Awwam Al-Asybili

Ibnul Awwam Al-Asybili adalah seorang penulis Spanyol yang memiliki perhatian terhadap dunia pertanian dan ilmu tumbuh-tumbuhan. Sejak kecil, ia telah memiliki minat yang besar terhadap tumbuh-tumbuhan. Hal tersebut yang kemudian mengantarkannya meneliti banyak spesies tanaman dan menekuni dunia pertanian. Salah satu buah penanya adalah AI Fallahah Al Andalasiyah, Sebuah buku yang membahas tentang pertanian secara lengkap. Dalam buku ini, ia mempersembahkan kepada pembaca sekalian semua informasi tentang pertanian yang ada pada saat itu, di antaranya mengenai berbagai teori dan pengalaman praktis dalam dunia pertanian.

Di dalam buku ini, ia juga mengupas tentang jenis tanah dan tanaman yang cocok untuk ditanami, waktu penanaman berbagai macam jenis tumbuhan, proses pengolahan lahan, upaya mengatasi tanah yang berkadar garam tinggi, penyakit tanaman dan obatnya serta beberapa pengalaman dalam dunia pertanian (semisal proses pemupukan, merangsang bunga agar cepat mekar, merangsang tanaman agar cepat berbuah di luar musimnya), kajian terhadap hasil panen dan penyimpanan bibit, pembuatan cuka, penyulingan minyak, dan pemotongan dahan.

Buku ini juga membahas tentang hewan dan ayam ternak, proses pemeliharaan dan pemberian makanan hewan serta pengobatan penyakit, pemeliharaan ayam ternak dan cara penyulingan madu dari sarangnya. Buku ini telah mendapat perhatian banyak kalangan dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol dan Prancis. Bahkan, para ilmuwan Barat telah banyak mengambil berbagai informasi penting yang dimuat di dalam buku ini. Al-Asybili yang sangat berbakat ini wafat pada 1145 M.

Download Dakwah KamiKamu di Google Playstore