Dakwah KH. Zainuddin MZ : Arak dan Judi

Assalamu’alaikumwarohmatullahiiwabarokaatuh,

Alhamdulillahhirrobilalamin,

wassalatuasalamu’ala’asrofilambiyaiwalmursalin saidinawamaulana muhammadin waala aliihi wa’sahbihi mujahidin attohirin Amma ba’duu…

Saudara hadirin kaum muslimin Rahimakumullah Dalam kehidupan sehari2 ,kita selalu dihadapkan oleh dua hal yg berlawanan,yang kontropersil kata orang sekarang, dimana kita diharuskan untuk memilih satu diantara dua hal itu,,yang benar dan yang salah,yang haq dan yang bhatil,yang pantas dan tercela,yang ma’ruf dan yang mungkar, persis dengan sebuah lagu “MADU DITANGAN KANANMU,RACUN DITANGAN KIRIMU ” Tapi saya pikir-pikir,kalau Madu ditangan kanan,Racun ditangan kiri adressnya jelas,yang repot kalau kita sudah tidak tahu mana racun dan mana Madu,lebih celaka lagi di jaman sekarang banyak racun mereknya madu.kita terpedaya,kita terpesona,kita terpakau oleh racun yang bermerek madu ini,kita minum dia yang akibatnya rawan didalam kehidupan ini.sangat banyak racun-racun yang terpancang didalam kehidupan ini,dan dua diantara racun-racun kehidupan itu akan kita bicarakan kali ini,yakni ARAK DAN JUDI.

Seperti yang kita ketahui,bahwa islam bertujuan memelihara kemuliaan manusia yang diciptakan “Fiiahsanitaqwim ” dalam bentuk yang paling sempurna.Arak atau minuman keras ini jelas akan merusak dari berbagai aspek kehidupan,entah kesehatan tumbuh,pertumbuhan akal,ketentraman rumah tangga,ketentraman masyarakat,bangsa dan negara. Cobalah sejenak kita mengadakan penyelidikan,kalau masuk kita kedalam penjara melihat sel-sel tahanan berapa banyak orang yang mendekam didalam penjara karena urusan Minuman keras,masuk kita ke rumah sakit berapa banyak yang dirawat disana akibat minuman keras,akibat stress yang dialaminya,berapa banyak rumah tangga berantakan,berapa banyak pembunuhan terjadi,pemerkosaan terjadi akibat dari minuman keras ini.yang paling ironi kalau hal ini sudah menyerang anak-anak muda kita,padahal kita tau remaja,pemuda adalah bentuk miniatur dari pada kehidupan suatu bangsa,akan bagaimana warna indonesia,dua puluh,tiga puluh,empat puluh tahun yang akan datang remaja dan pemuda kita jawabannya,bahkan dari segi agamapun akan bagaimana warna islam dua puluh,tiga puluh ,empat puluh tahun yang akan datang,remaja dan pemuda itu pula jawabannya.

Oleh karena itu tidak terlalu berlebihan kalau saya berkata,untuk menghancurkan islam di indonesia ini,tidak perlu menghancurkan pondok pesantren,tidak perlu menutup masjid,tidak perlu menutup pengajian,tidak perlu menyegel musholla,untuk menghancurkan islam di indonesia cukup dengan meracuni,remaja,pemuda dan pemudi islam di indonesia,kalau mereka sudah dijauhi dari agamanya,masalahnya tinggal menunggu pergantian generasi,maka yang jadi filed proyek di indonesia jelas Remaja,pemuda itu sendiri.Ditanamkan ketengah remaja kita ini agar jauh dari tuntunan agama ” Hai Remaja,pemuda islam kalau kau mau jadi pemuda moderen jangan dekat2 kemasjid,Masjid khusus enam puluh tahun keatas,sepertinya di depan masjid itu ada papan pengumuman,masjid khusus enam puluh tahun ke atas,Baca Qura’an kolot,seiring dengan dengan itu lalu,modernisasi diartikan dengan westernisasi,kau tidak bisa menjadi pemuda moderen sebelum yang datang dari barat kau telan mentah2,bergaul seperti orang barat,berumah tangga seperti orang barat,makan seperti orang barat,kalau nyanyi lagu barat yang orang lain tidak mengerti, kamu juga tidak tau. Anutlah itu free sex,isaplah itu ganja,morfin,narkotik.

Jikalau kita sudah terlena dengan hal-hal itu,maka kehancuran suatu bangsa sudah di mulai. Penyakit minuman keras ini,bukan penyakit di jaman ini,masyarakat jahiliyah yang dihadapi Rasulullah saw empat belas abad yang lalu juga masyarakat yang kemaruk dengan minuman keras,Masyarakat jahiliyah kalau sudah mabuk bukan di minum saja tapi mereka mandi pakai arak,sistem pendidikan yang disampaikan islam sangat bijaksana,-Mula2 diberikan gambaran bahwa arak itu walaupun ada mampaatnya tapi bahayanya lebih besar dari mampaatnya-Diperingatkan,jangan mendekati sholat kalau dalam keadaan mabuk. pada saat kondisi iman sudah memungkinkan kemudian..-Diperingatkan bahwa arak itu nakjis ,perbuatan setan jauhi.Yang paling ironi saat ini Racun mereknya Madu, kadang-kadang kita terbuai oelh iklan yang tidak mendidik,umpanya “Anda ingin moderen ,majulah bersama Minuman ini “Moderen diukur dengan minuman…? yang jadi korban ahirnya Remaja,pemuda dan pemudi kita,sebuah analisa dari Rasulullah saw. beliau bersabda : “Innaminasrotisa’ah ” Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat.Hancurnya sendi-sendi sosial,maksiat merajalela mungkarot menjadi -jadi,yang makrup dianggap mungkar,yang mungkar dianggap makrup,tuntunan jadi tontonan,tontonan jadi tuntunan,yang salah disanjung2 yang benar di caci maki,inilah tanda-tanda kiamat mini.pencungkiran nilai.Kenapa hal ini bisa terjadi ?
Sabda Nabi saw.

  1. Ayyurfa’al’ilmu-Ilmu diangkat oleh Allah swt.Bagaimana caranya Allah mengangkat ilmu dan apa mkasudnya?Allah mengangkat Ilmu dengan mewafatkan para ulama,makin banyak ulama wapat makin banyak ilmu ditarik.
  2. Minat/keinginan orang untuk belajar agama itu sudah mulai berkurang.Kalau sudah muncul kelompok semacam ini artinya,agama sudah dipojokkan kesudut-sudut kehidupan,agama hanya sekedar dekorasi,agama sekedar seminar,kongres muktamar tapi agama itu realita dalam kehidupan itu tidak pernah terwujud,apabila kedua tersebut diatas sudah,maka ajaran agama sudah tidak didengungkan orang,dikala itu muncul yang ketiga
  3. Wayuzzharoljahluu ” Muncullah kebodohan. Nampak kebodohan dimana-mana,muncul keinginan bahwa masyarakat ingin hidup dengan kaedah seba boleh,tidak ada halal tidak ada haram,tidak ada haq tidak ada bhatil,semuanya serba boleh apabila semua itu terjadi muncullah apa yang dianalisa oleh Nabi saw.

WAYAFSUAZZINA -Zina dikerjakan berterang terangan.Orang sudah tidak punya malu,rahasia pribadi diumbar didepan publik,seperti perumpaan “Muka tembok,punya kuping,kuping kerbau,punya kulit,kulit ,Kulit badak ” bukankah realita dalam kehidupan,berapa banyak gadis kecil jadi korban,anak dibawah umur mendapatkan perlakuan amora,sehingga mengalami ketragisan,hamil diluar nikah,melahirkan anak haram,dimasukkan kekantong plastik dibuang ketempat sampah,kalau hal ini sudah terjadi muncullah efek yang kedua.

WAYUSROBALKHAMAR -Arak atau minuman keras menjadi kebanggaanAnak muda belum nyohor kalau belum bisa mabuk,yang tidak mabuk dianggap kolot,dianggap kampungan,kalau yang hancur kehidupan pribadi,tapi kalau sudah menyangkut masa depan masyarakat,generasi mudaadalah masa depan suatu bangsa.begitu kerasnya islam ini melarang minuman keras,bukan hanya meminumnya tapi menjualnya,mengedarkannya,bekerja di tempat pembuatan minuman keras.Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Turmuzzi ,Nabi bersabda ” Maa asqarokatsiruhu faqoliluhu haroomun ” artinya : Apa yang menyebabkan mabuk,sedikitnyapun tetap harom hukumnya ” Memang barangkali,mungkin ada mampaatnya tetapi bahayanya jelas lebih besar daripada mampaatnya yang ditimbulkan oleh minuman keras itu sendiri,Dalam Hadizt lain Nabi bersabda “Manqaa nayuqminubillahi yaumilaqhir,Falaayaq’udduala maa idathin taduru’alaihal homer ” artinya : Siapa yang beriman kepada Allah swt, dan beriman kepada hari akhirat,dilarang duduk dalam suatu pertemuan,yang didalam pertemuan itu diedarkan minuman keras ” –Masuk dalam acara seperti itu saja tidak diperkenankan kenapa ? Assariqu fissarisaruu ” artinya : bersekutu dengan kejahatan ,jahat juga hukumnya. Efek mabuk antaranya :

  • Dalam keadaan mabuk,orang sudah tidak bisa berpikir secara sehat,daya kontrol hilang,artinya perbuatan sudah tidak terkontrol lagi.
  • IQ,tidak akan tumbuh dan berkembang seperti yang kita harapkan
  • Harga diri akan runtuh ditengah masyarakat. Makanya Rasulullah saw dalam hadizt memberikan tamsil “Masalulmu’min kamasalinnahli ” perumpaan orang yang beriman itu persis seperti tawon, mentalitas orang mukmin persis seperti tawon.

Apa mentalitas tawon? Kalau kita ngaji bab tawon, coba kita perhatikan keistimewaan tawon,, keistimewaan tawon itu ada empat .

  1. Tawon itu yang dihisap selalu sari pati bunga.Makanan tawon itu bagus sekali,tidak pernah sekalipun tawon keliru makan,sampai saat ini kita belum pernah dengar kalau tawon makan tahu,yang dihisap dimakan tawon itu selalu sari pati bunga Artinya : Orang mukmin perutnya itu sangat selektip,perut orang mukmin itu bukan seperti asbak,,asbak putung apa saja masuk,,tapi mukmin perutnya selektip yang dimakan dan diminum itu yang baik2,yang baik menurut Al-quran adalah yang halal toibah sebab apa ? Makanan dan minuman yang dimasukkan kedalam perut besar ini,akan digiling dalam perut besar akan melahirkan energi,menggerkakkan sel-sel pembuluh syaraf,kalau makanan dan minuman itu terdiri dari hasil yang haram,energi yang ditimbulkan energi yang haram, maka orang akan cendrung berpikiran yang haram sebaliknya.
  2. Tawon selalu menghasilkan madu.Artinya : orang mukmin itu kalau berkata ,akan berkata yang mengenakkan orang,berbuat yang bermampaat bagi banyak orang,kalau kakinya melangkah tentu melangkah ketempat yang ada gunanya,yang dikeluarkan madu bukan racun.
  3. Dimanapun tawon hinggap tidak ada dahan patah.Artinya : Orang mukmin dimanapun dia tinggal,kemanapun dia pergi,pantang jadi biang kerok ,buat lingkungannya,pantang membuat kerusuhan buat lingkungannya,Tidak ada cabang patah dimanapun tawon Hinggap.
  4. Tawon itu jangan coba 2 diusik. satu kali dia diusik ,kemanapun orang lari,nyilemm masih ditungguin,,tapi kalau tidak diusik tidak ada Tawon usil nyariin orang ke pasar.ketika dia diusik “Inilah saatnya memertahankan dirinya, artinya :Orang mukmin tidak boleh cari-cari musuh tapi ketemu musuh tidak boleh lari..musuh jangan dicari ketemu musuh jangan lari.Mentalitas Mukmin seperti tawon,yang diminum baik,yang dimakan juga baik,kemanapun dia pergi,dimanapun dia tinggal pantang membuat keonaran,tapi sanggup menjadi pembela dalam masyarakat dan mempertahankan harga dirinya.

Kalau konteknya dengan apa yang sedang kita bicarakan mInuman keras,seperti yang dijelaskan tadi,kita kadang-kadang salah pilih,tertipu oleh racun yang bermerek madu,ada minuman empuk nyari yang keras, salah pilih.ketahuan orang bikin Pil buat anjing,manusia yang telan, akhirnya miring kayak anjing,Saudara-saudara kaum muslimin,mari kita renungi surat An-Nisa ayat 140 Allah swt mengingatkan :

“Sungguh,telah diturunkan kitab Al-quran ini kepada kamu,yang apabila kamu dengar ayat-ayat Allah Ta’alla itu diingkari orang,diejek-ejek orang,jangan kamu duduk bersama orang-orang semacam itu .”

Bagaimana menjelaskan hal diatas,kita sudah tau kalau minuman keras itu di larang,tapi dimunum juga,duduk di majlis semacam itu dilarang oleh Al-quran,Kenapa ? Kalau kamu juga duduk ditempat seperti itu,kau dam meraka sama saja, hal semacam ini yang kita tidak sadari, Duduk dalam kelompok semacam itu kita juga ikut mengejek ayat Allah Ta’alla,dekat saja dilarang,apalagi sampai meminumnya.

Membacanya memang penting bahkan kita mensakaralkannya,kita cium,kalau kita membawanya didekap ditengah-tengan dada,beribadah setelah membacanya dan kita tahu isinya What Next,,,mau apa kita dengan isinya ?? Dibaca ,dihargai dan dihormati tapi isinya kita injak-injak,itulah ironinya kita dengan Al-quran,sehingga bagaimana Al-quran itu membawa keberkahan dalam hidup ini,,Misalnya dalam kehidupan “Allah Ta’alla halalkan jual beli,Allah Ta’alla haramkan riba’ (tapi rentener jalan terus )……..”Berpegang teguhlah pada tali Allah Ta’alla jangan bercerai berai ” Tapi sesama muslim pelototan jalan terus……..Hingga tidak heran kalau orang bilang,dibawah mengamalkan ayat kursi,setelah sampai atas ayat hilang tinggal kursinya goyang terus..! perjalanan panjang memang kita saatnya manunggal dengan Al-quran ini,tetapi prosesnya kita harus mulai dari sekarang,entah kapan proses ini selesai itu bukan masalah,yang terpenting kita harus mulai memahaminya dan dijadikan suri tauladan di dalam kehidupan sehari-hari itulah yang diharapkan…….

Karena kerasnya pelarangan minuman keras ini,pernah suatu hari seorang melapor kepada khalifah Ummar Bin Abdulaziz bahwa ada sekelompok orang sedang berkumpul meminum minuman keras.

Kata Ummar ” Dera mereka,hukum…!!

Penjaga : “Ya,Khalifah …

Ummar :”Kenapa ..?

Penjaga : “Diantara mereka ada yang ikut orang yang biasa berpuasa

Ummar : ” Pegang dan bawa kem,ari orang yang terbiasa puasa ….

Kenapa demikian ? mengerti memang lebih besar resikonya ketimbang yang tidak mengerti,kalau yang tidak mengerti karena di latar belakangi oleh kebodohan, masih bisa ditolerir, masih bisa dimaklumi, ini orang sudah tau, mengerti hukum justru ikut-ukut berkumpul di majlis yang ada minuman keras.

Di dalam masyarakat itukan terdapat 4 golongan :

  1. Ada orang yang tau perintah dan tau larangan ,ini adalah kelompok terbaik,perintah tau dia kerjakan ,larangan tau dia jauhi ini adalah the best class
  2. Ada orang tau perintah tapi tidak tau larangan. Melaksanakan sholat,berpuasa,bayar Zakat, mencuri ,mabuk-mabukan, judi, dst. Perintah tau larangan tidak tau,ahirnya semua dikerjakan.
  3. Ada orang yang tau larangan tapi perintah tidak tau. Jahat sama tetangga tidak,mencuri tidak,mabuk-mabukan tidak,judi tidak zina tidak,,,Sholat tidak,puasa tidak,bayar zakat tidak,polos semua serba tidak
  4. Kelompok terahir ini adalah mahluk yang tidak tau perintah dan tidak tau larangan. Kelompok mahluk seperti ini dikatagerikan sebagai kelompok gratris. misalnya : ayam, Kambing, kerbau, sapi, kuda, dst.

Hubungan dengan ini marilah kita berusaha sekuat mungkin menjauhi diri dari larangan-larangan Allah seperti tema yang sedang kita bicarakan saat ini.Kaum muslim Rahimakumullah ….

Kawan seiring dan sejalan dengan Munuman keras Judi namanya.yang satu sering menimbulkan yang lain tetapi tak jarang keduanya beriringan,posisi Judi Dan Arak ini dalam Al-quran sama bahayanya,apa sebabnya demikian ?

Mentalitas Judi adalah mentalitas sirklus lingkaran setan artinya :Yang menang biasanya ketagihan,yang kalah biasanya penasaran.inilah satu sebabnya orang yang terjangkit penyakit judi sulit untuk berhenti.

Kenapa Judi diharamkan dalam islam ?

  1. Seorang muslim didalam berusaha mencari harta diharuskan,sunatullah,Berusaha menurut hukum kausal,memasuki rumah melalui pintunya menunggu sebab dari akibat yang dilakukan,oleh karena itu hidup bukan undian mengharap untung besar tanpa mau peras keringat.
  2. Islam menjadikan harta benda berharga yang dilindungi,mengambilnya dengan judi termasuk,mengambil,memakan harta orang lain dengan cara yang bhatil
  3. Judi itu dapat menimbulkan permusuhan dan pertentangan antara pemain itu sendiri,meskipun kelihatannya kompak duduk dikursi dalam satu meja yang berhadapan,yang kalah kelihatannya psrah itu hanya kulit permukaan,Bhatinya yang kalah itu tetap memiliki rasa dendam,selain mendedndam juga mengomel ,mencaci maki,dirinya sendiri atau lawan mainnya.
  4. Judi merusak aktipitas hidup,membuang waktu dengan sia-sia dan ahirnya bisa melupakan akan tanggung jawabnya.

Yang dikhawatirkan dengan Judi dan Undian atau apa saja namanya yaitu Munculnya penghayal2 kelas berat,pelamun-pelamun kelas tinggi Hidup hanya ngumpulin Jikalau…Anadaikata,,umpama…misalnya..Orang sudah kemana-mana kita masih ngumpulin jikalau.Kita boleh saja bercita cita setinggi langit langit,tapi punai ditangan jangan dilepas.Idialisme boleh terbang setinggi langit tapi kakai harus tetep berpijak dialam realita.Berapa banyak orang-orang yang stress ,menjadi melarat,rumah tangga berantakan,pejabat korupsi,perampok merajallela dll

Al-Maidah Ayat: 90

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Rasul pernah mengatakan bahwa hidup ini bagaikan garis lurus. Jika anda yakin seperti apa yang disampaikan Rasulullah, maka sebenarnya dunia dan akhirat berada pada satu garis lurus. Artinya kita akan bertemu dengan akhirat setelah kita melalui dunia ini.

Dengan kata lain, jika yang kita tuju hanya dunia saja, kita tidak akan bertemu dengan akhirat. Karena letaknya akhirat di ujung perjalanan. Sebaliknya jika yang kita tuju adalah kehidupan akhirat, kita pasti akan bertemu dan melewati dunia.” “Hal itu dikarenakan posisi dunia berada pada jarak yang lebih dekat, sementara akhirat berada pada penghujung perjalanan manusia….”

Semoga bermamfaat bagi kita semua,mohon maaf kalau ada kekurangan

Usiqumwanafsibitaqwallah Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

Download Dakwah KamiKamu di Google Playstore